Lanjut ke konten

TOPSPEED YAMAHA YZF-R15, HONDA CBR150R, NEW VIXION LIGHTNING, CB150R STREETFIRE DAN SUZUKI FXR

28 Oktober 2013

Iseng-iseng membandingkan topspeed motor yang ane suka dan menelaah kemampuan masing-masing engine walau gak komplit :mrgreen:

Topspeed R15 pada gigi 6 mencapai 147km/h pada video malam hari

Topspeed NVL pada gigi 5 10.000rpm mencapai 130km/h sayangnya tidak kelihatan akselerasi di video

Akselerasi CB150R SF :
Gear 1 mencapai 42km/h pada 11.000rpm
Gear 2 mencapai 65km/h pada 11.000rpm
Gear 3 mencapai 87km/h pada 11.000rpm
Gear 4 mencapai 108km/h pada 11.000rpm
Gear 5 mencapai 121km/h pada 10.500rpm
Gear 6 overdrive

Disini terlihat CB150R SF pada gear 4 koq sudah mulai berat naiknya apalagi gear 5 dan diperparah dengan gear 6 yang kelihatannya gak nambah power. Imho ini akibat dari kebijakan AHM yang memodifikasi timing pengapian dengan dalih agar aman konsumsi premium namun mengorbankan kemampuan asli dari mesin aslinya CBR150R. Kasus yang sama dialami CS1.

Akselerasi Suzuki FXR150 :
Gear 1 mencapai 41km/h pada 13.000rpm
Gear 2 mencapai 66km/h pada 13.000rpm
Gear 3 mencapai 92km/h pada 13.000rpm
Gear 4 mencapai 116km/h pada 13.000 rpm
Gear 5 mencapai 130km/h pada 12.200rpm
Gear 6 mencapai 134km/h dan overdrive

Imho jika seandainya video ini ada pada era tahun 1990-an dimana pada saat tahun 1997 Suzuki FXR ini launching maka semua orang akan berkata WOW!!! Bagaimana tidak, dengan spek mesin DOHC yang sanggup teriak hingga 13.000rpm dengan memuntahkan power on crank mencapai 20dk ditambah speedometer full digital, double cakram dan arm banana maka hati siapa yang tidak kepincut. Saya ingat pada saat motor ini launching di Indonesia awal 2000-an (pada saat itu saya masih SMA kelas 1) benar2 sebuah motor idaman. Namun dibanding power yang besar dan harus mengurut gas hingga 13.000rpm tapi topspeed ternyata kalah dengan YZF-R15 yang notabene powernya hanya 17ps dan SOHC 6speed tapi bisa menjangkau hingga nyaris 150km/h di aspal.

Imho sepertinya mesin FXR walau pun tenaga besar tapi rasanya gesekan dalam mesin juga sangat besar sehingga menyebabkan loss power yang besar juga. Sedangkan engine V-ixion masih termasuk fresh dengan teknologi terkini minim gesekan dan efisien. Pernah baca dimana ya statement yang menyatakan bahwa Suzuki akan launching motor sport 150cc baru dengan engine yang lebih fresh dan mengatakan bahwa engine FXR adalah jadul…

*Sumber video dari youtube dengan memilih video terbaik dan motor yang masih standar

From → Uncategorized

76 Komentar
  1. imho kalau suzuki kalau mau reborn motor sport 150cc & 250cc bisa ikut gaya kawasaki
    buat motor yg mirip sama kakak2nya yg cc lebih gede

    • Wah maaf baru bisa moderasi… Sibuk kerjaan, yah itu terpulang kepada manajemen suzuki aja apa masih menganaktirikan roda dua

  2. johan permalink

    juara 3
    asieek!!!!!!

  3. Dre permalink

    kirain test sendiri

    • Insya Allah kalau ane punya rezeki berlebih dan koleksi motor2 diatas nanti ngetes sendiri topspeed :mrgreen:
      Tapi kalau ingat istri dirumah lagi hamil jadi serem sendiri mau kebut2an takut kenapa2 dijalan. Kemarin bawa CS1 ngebut 100km/h on speedometer aja nyali langsung ciut langsung mengendorkan gas :mrgreen:

  4. simo permalink

    kok video cb150 yang diambil cuma speed 121 km.jam. padahal banyak video yang lebih dari itu sedangkan si nvl yang diambil yang video 130 km /jam padahal bukan rahasia umum klo nvl kalah lawan cb150. hehhehe moduss

    • Modus bagaimana gan… Ane FBH loh,,, beberapa video CBSF dengan topspeed lebih tinggi itu kondisi motor sudah tidak standar dengan knalpot freeflow sedangkan kenapa saya pilih video diatas kerana kondisi motornya masih standar dan rekamannya bagus sepertinya pakai GoPro

    • nah loh………….. piye jal………. wkwkwk

  5. kayakny ada yg salah tu…..fxr ny kagak beres itu..satria fu cbu thailand aja lebih dari 134 km/jam…..padahal tau sndiri FU kan basic dari fxr tp d kebiri abis2an biar safety

    • Imho perasaan ane pada saat ngetes pinjam FU teman ane, Satria FU terasa kentjang kerana bobotnya yang sangat ringan bahkan di compare sama CS1 ane rasanya CS1 lebih berat

      • Asys Fandi permalink

        ” Terasa kencang ” kan………..??? bukan kencang beneran kan………..???

    • Zero permalink

      ingat deviasi speedo satria FU itu sangat2 besar bro…. sampe 17%an yang artinya kalao di speedo 140 kpj maka real speed gps nya paling cuma 116 kpj ya know??
      http://www.saft7.com/komparasi-speedometer-gps/

  6. TAPI AKU JAJAL SENDIRI FXR 2002 -JALAN PWD-SMRG (GUBUG-TEGOWANU(rumah ravi murdianto kiper tim-nas u-19) Masih sanggup TOP SPEED 143KM/H SPEEDO DIGITAL ,ITUPUN PAKAI TANGAN 1 ,YANG SATU DI ATAS TANGKI BUAT SANDAR TANGAN KIRI ,!! SKRG MOTORNYA MSH KINYIS2 ,!

    • Ada kemungkinan FXR diatas sudah tidak sehat mengingat umur motor yang sudah termasuk tua 10tahunan dan kita gak tahu kondisi test rider apa overweight :mrgreen:

  7. awas…. nanti kobong warungnya om…………… masalahnya cb kalah sama nvl
    bebebebebeebebebhahahahahahahahahaha

    • Kalau ada video topspeed CBSF standar yang lebih tinggi mohon diberikan Link-nya 😀

  8. v4hn permalink

    sayang om ini ga bakalan diamini oleh fbh…
    CB150 121km/jam sementara NVL 130 km/jam? pasti dibilang hoax sama fbh…

    • Ane fbh dan ane percaya bukti video diatas :mrgreen:

      • v4hn permalink

        betul, lbh enak ngliat bukti langsung daripada “katanya”
        lagipula udha kliatan qo, dari beberapa bukti dynopun masih gedean tenaga NVL…
        mungkin seperti mas bilang loss power ke roda terlalu gede, padahal klo dipikir CB make ban lbih kecil, yang harusnya lebih mudah nyalurin tenaga ke aspal…
        atau mungkin bobot motornya sendiri? entahlah… mungkin bro bisa menjawab?

      • Imho seperti yang saya katakan diatas kenapa CBSF terasa berat dan susah untuk mencapai topspeed yang lebih tinggi dibanding saudara jauhnya CBR150R karena akibat dari modifikasi timing pengapian oleh AHM dengan dalih aman konsumsi premium, ibarat buah simalakama kalau isi premium larinya kurang, isi pertamax juga mubazir gak membawa manfaat ke power palingan cuma mesin yang lebih bersih dan tangki bebas air :mrgreen: hal ini juga terjadi pada CS1 yang notabene downgrade Sonic.

        Kalau pun ada testimoni yang mengatakan bahwa ketika isi pertamax bisa nambah power, imho itu cuma perasaan saja toh (In My Sotoy Opinion :mrgreen: ) teknologi ECU injeksi CBSF tidak bisa otomatis merubah timing pengapian menyesuaikan RON bahan bakar seperti teknologi injeksi canggih pada mobil bahkan setup ECU Mode Dani Pedrosa 😀 ibarat kata fbh dulu yang mengatakan bahwa Injeksi old V-ixion itu cuma level 1, sekarang pun CBSF tidak lebih baik dari old V-ixion bahkan NVL sudah upgrade teknologi injeksinya dengan power yang lebih besar, sensor O2 konsumsi bbm lebih efisien dan bebas setelan obeng 😀 dengan kata lain CBSF adalah karma fbh terhadap old V-ixion. Saya bukannya menjelek-jelekan toh saya juga fbh dan pendapat ini murni dari dalam hati saya cieh jadi curcol :mrgreen: berharap AHM menyediakan remap ECU untuk rider yang pengen saklek pakai pertamax agar power CBSF menyamai CBR150R dan tutup tangki rata
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      • v4hn permalink

        mungkin inilah kejelekan AHM, setiap motor yang diproduksi sendiri di downgrade abis2an
        ga CS1 ga tiger ga CB150…
        akhirnya lip service yang mengatakan “mesin turunan CBR” jadi ga guna…
        saya sendiri setelah lihat CB secara langsung juga bisa menyimpulkan klo kualitas (paling ngga di bagian body) masih dibawah NVL…
        tapi untuk bagian mesin saya baru mendapatkan pencerahan dari ente bro…
        semoga kesalahan yang sama ga berulang di tiger baru yang katanya nyomot mesin CBR150…

      • Kalau saya menilai dari kebijakan AHM yang demikian, saya bisa menyimpulkan kalau kebijakan yang diambil AHM sebagian besar sudah tepat. Saya yakin para Insinyur AHM sudah memeras otak sedemikian rupa agar beberapa produk mereka yang notabene merupakan produk turunan thailand bisa aman mengkonsumsi premium tetapi tidak kehilangan banyak tenaga dan karakter dari produk aslinya mengingat distribusi pertamax belum menyebar keseluruh pelosok Indonesia.

        Untuk new tiger mudah2an lebih baik lagi amin…
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

      • Pertamax7.com

        #padahal bodinya udah sekuprit,tapi masih aje kalah,haha lol

    • bengizz permalink

      v4hn
      bro apa ada perubahan pada mesin klo nvl baru skrng? setau saya cuma di fisik trus itu pn bobot tambah berat, pengalaman vixion lama menang lawan megapro tapi tidak untuk vixion baru. sedangkan lawan verza aja vixion baru kalah. jangan pungkiri nafas tiap gear vixion pendek.

      • v4hn permalink

        duh jujur klo ditanya perubahan mesin dr oldvixion sama nvl saya ga tau bnyk…
        kecuali pergantian sensor o2… tapi kenyataannya tenaga antara oldvixion sama nvl jauh bukan? mungkin klo saya tanya perbedaan mesin antara satria f sama raider 150, bro juga pasti bingung, tapi yang jelas tenaga gedean raider…
        masalah lawan verza, masa nvl kalah? masa iya torsi 14nm kalah lawan torsi 12nm?
        kecuali bro punya bukti video seperti diatas, klo ga ada? ya saya anggep hoax, simpel bukan?

      • yang banyak efeknya dari ECU bro yang baru pin-nya jauh lbh banyak, berarti sensor sdh semakin lengkap

      • cobike permalink

        two thumb untuk atas ane…..!
        nvl gw aja prnah lwan nmp ,nmp ktinggalan jauh

  9. achilles permalink

    iya deh menang nvl bahkan old v, tp btw situ fbh bener kan? alasannya knp bro kok milih jd fbh? toh situ tahu dr material, model, mesin menang yamaha. orang yang aneh… hehehe

    • Ane fbh bukan karena faktor NVL maupun old V-ixion maupun CBSF. Ane adalah fans boy Honda sejak 10 tahun yang lalu dimana ane ngidam motor old CBR150R yang sangat sporty dan motor ane dari dulu ya Honda

      • Waduh salah pilih email jadi berubah deh avatar
        Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss…!

  10. bener bang, setau saya mesin cs1, turunan dari sonic, turunan juga dari cbr125 versi euro, jadi sudah mengalami dua kali proses down grade, jadi gak heran juga ditangan ‘orang tepat’ cs1 bisa jadi superior untuk kelas 125cc
    untuk kasus ‘mesin’ v-ixion… versi 125cc di eropa (minareli) juga dipakai dipakai r125, jadi meski sama2 sohc (cs1) cukup superior juga

  11. Roger permalink

    Soal CS1, ane pernah ngetest sendiri topspeednya sampe 140 km/jam @ 11000 RPM di gear 5.
    Ane coba test ulang sampe 3x juga hasilnya tetep segitu.
    Padahal yg ane test tuh CS1 kondisi full standar pabrikan.
    Tapi sorry gak ane videoin. Gak ada kameranya utk ngrekam.

    Topspeed CS1 dg mesin standar bahkan bisa sampe 144 km/jam @ 11250 RPM di gear 5.
    Seperti yg tertampil di video berikut ini :

    • Wew, ane streaming dulu gan…

    • Wah koq gigi 5 bisa narik gitu ya mas bro?! Berarti gak perlu ganti motor neh ‘coz CS1 standarnya aja bisa sampai 144km/h gigi 5 pada 11.200rpm pas limiternya

      • Roger permalink

        Yups. Gak perlu ganti motor bro.
        CS1 memang kenceng koq.
        Di tangan rider yg tepat, CS1 bisa lari optimal.
        Asli kenceng gan 😀

    • top speed cb150r dengan knalpot r9 144 km jam

  12. rider permalink

    kalo di adu drag sih fxr yg menang bro.fxr di video itu lagi gah sehat kali.

    • Yup, kemungkinan motornya sudah berumur sekira 10 tahunan lah sekarang 2003-2013

  13. bocahmeler permalink

    kalo artikel nie ditulis di blog terkenal pasti langsung kobong nih… IMHO

  14. percaya ama pengalaman sendiri permalink

    ini CB aye kok bisa 132kmh ya gan.?
    padal bawa beban di belakang.
    kalo boncengan 125 an dah syusyah naek.
    minum nya cukup premium…
    😀

    • achilles permalink

      kalau ini standart ga ya? terus ada selisih konfersi spidometer antara kedua motor gak ya? menurutku adu pake gps lebih adil

  15. Top speed new vixion edisi m0t0 GP gua cuma tembus 120kpj sungguh memalukan masa kalah ama bebex 125cc

  16. brekele permalink

    Yg punya warung keknya munafik akut nih…

    • Munafik akut dimananya mas? Coba dijelaskan siapa tahu saya memang melewatkan sesuatu

      • munafik karena anda terlalu mempertahankan opini video top speed cb150r hanya berada pada kisaran 121 km/jam, padahal nmp standart aja top speednya sampai 127 km/jam. Kita lihat di video kecepatan 121 km/jam berada pada RPM 9500, sementara cb150r limit rpmnya sampai 11.500

      • Opini saya berdasarkan video SF standar diatas toh walau pun berasumsi kecepatan 121km/h pada 9500rpm pada video diatas terlihat sudah sangat berat untuk lebih naik lagi. Dan opini saya jelas disebabkan tindakan AHM yang merubah derajat pengapian jadi berbeda dengan aslinya CBR150R menyebabkan potensi performa mesin CBR menjadi terkebiri dengan dalih agar aman konsumsi premium. Btw pengertian munafik itu apa coba?

  17. senenge kok adu topspeed…

  18. pulsar 135 permalink

    loh om .. emang keakuratan speedo gak dihitung ?? tiap motor kan ga sama catatan di speedonya..

    • Wah kalau sampai kesitu saya bukan ahlinya. Itu sudah dibahas sama blogger papan atas

  19. mantaap nih semua tentang 150cc motor 4t .., dr sekian banyak motor 150 cc ,saya nyantol nya di FXR…. udh nyemplak FXR 1.stngah tahun ahaha..
    ya saya akui saya pengalaman pribadi pernah jajal beberapa motor di trek yang sama dengan lintasan 1km ..,
    saya punya old vixion dan untuk torsi vixion rajanya.., top speed pernah jajal 120kpj an msh naik tp pelan bgt g tau brp pasti nya karena belum digita spedo nya, mentok di 11000rpm g mau naik lagi smpai jalan mentok …
    CB150r jajal punya om saya. klihatan CB150R putaran tengah enak.. bawah lemot atas nya juga down pernah jajal emang 120-122 an km/h naik turun spedo di angkas sgtu.., udah susah nambah rpm tidak mau naik lagi sampai jalan mentok..alias menjerit di rpm 10000..,entah kenapa saya ngrasain mesin DOHC sperti ini hanya di CB ,krna yang saya tahu tipikal DOHC di rpm atas nya sangat galak…harus nya bisa lebih dr itu top speed nya, g tau knp saya bukan mekanik hha..,
    untuk FXR motor saya sndiri FXR sya menyatakan sangat tidak enak buat dalam kota..kedodoran rpm bawah nya…torsi g dapet, ngejar vixion teman saya aja klo jalan stop and go susah bgt ..apa karena faktor umur atau apa g tau lah.., tapi ya melejit di putaran atas… masuk RPM 8000-13000 brasa sedikit sperti naik 2tak..pernah jajal motor saya sndiri 142km/h rpm antara 11-12000 rpm msh naik tp jalan mentok
    CBR150f1 saya g punya dan blm pernah coba…saya pernah coba cbr old thai… saya kira cbr old hanya punya musuh nya ya FXR.., cbr pernah jajaln 140km/h lebih g tau pasti nya berapa karena dia belum digital spedoonya rpm12000
    sedikit rekaman teman FIXER SFOC ..
    spec : seher 68mm stroke 5mm cdi racing knalpot costum setahu saya itu aja..,tp g tau spec lain nya hha..bisa tembus 200kph tapi yg punya g brani ..,anafas di RPM masih panjang bgt 😀 di youtube yang punya nama panggilan nya giagie rumah di bintaro :

    intinya sedikit curcol aja 🙂 maaf jika ada comentar saya yang salah saya minta maaf 🙂 salam bikers..
    saya tidak saling mengunggulkan haya dari pngalaman .. sesama biker saling tuker fikiran dan pengalaman bukan saling bermusuhan hanya karena suatu prodak motor..
    salam FIXER LIAR ahaha . honda yamaha suzuki made japan semua koq…;)

    • Wow komennya mangstabh neh. Terima kasih atas testimoninya. Menurut pengalaman masbro tentang CB150R berarti sejalan dengan video diatas ya…

  20. pernah coba cbr 150 fi standar top speed 151km/jam tp sayang tdk sempat direkam,untuk tes kedua cuma bisa dpt 143km/jam itupun tdk berani lebih ,krn tangan yg satu pegang hp untuk merekam.

  21. pernah tes cbr 150 standar top speed 151km/jam,tes kedua cuma bisa 143km/jam, itupun karena kondisi tdk safety satu tangan pegang hp untuk merekam.

  22. kena modetrasi

  23. alfa permalink

    ngawur yg buat blog.,, pengalaman pribadi cb150r top speed mencapai 141kmj.. Mau nahan gas lg udh gak berani,,itu pun standar..kok ini blog’y bilang 121.ngawur tenan.. :/

    • Yang bilang topspeed 121km/h itu video diatas bukan saya. Kalau memang ada bukti topspeed anda mencapai 141kmj silahkan di posting. No video = Hoax

  24. aris wilianto permalink

    cari video top speed CB150R di expedisi nusantara bro baru kasih argument (kalau mo nyari video kecepatan CB150R yg diatas 130kpj dgn mesin standar itu banyak) …video di youtube yg ente posting itu video lama, ente mungkin FBH tp yg dibayar FBY…..gausah minta bukti, ente masuk aja group CB150R di FB entar yg mo kasih video ttg topspeed CB150R standar yg di atas 130kpj pada antri, belum tau banyak aja udah berani posting ttg CB150R…..dalami dulu, kalau sok tau itu ente cuma FBH abal2……

    • Ya silahkan posting disini videonya. Tapi anda sudah memfitnah saya dengan mengatakan kalau saya dibayar FBY, kalau saya nerima bayaran FBY nanti kena Undang-undang Tipikor wkwkwk… Saya sudah ngefans dengan Honda sejak 2004 pada saat old CBR150R masup ke Indonesia melalui jalur IU nah disitu saya jatuh hati berat dan jadi fans Honda. Lagipula pada saat itu belum ada yang namanya FBH, FBY dll…

  25. This is the perfect blog for anybody who wishes to find out
    about this topic. You realize a whole lot its almost tough to argue with you (not
    that I personally would want to…HaHa). You certainly put a
    brand new spin on a subject that’s been discussed for years.
    Great stuff, just excellent!

  26. dony permalink

    gw user honda cs1, jujur gw gak percaya sm pernyataan di atas krn blom prnh saya liat di lapangan,

  27. suzuki i liked..suzuki itu bagus bagi yang tahu..merk suzuki itu ada dimana2,jempol buat suzuki 4964 4×4

Trackbacks & Pingbacks

  1. TOPSPEED YAMAHA YZF-R15, HONDA CBR150R, NEW VIXION LIGHTNING, CB150R STREETFIRE DAN SUZUKI FXR | MUNGKIN SAJA ANDA INGIN TAHU !

Tinggalkan Balasan ke Dre Batalkan balasan