Skip to content

Share Review Pengalaman Memiliki Honda City Sport 1 CS1

4 April 2013

image

Tidak terasa sudah 2 tahun lamanya bersama CS1 yang dibeli second hand keluaran awal tahun 2008. Untuk ukuran motor yang menginjak usia 5 tahun alhamdulillah mesin turunan Sonic ini termasuk bandel, top speed yang pernah saya capai hanya 118km/h versi speedo CS1 karena lalu lintas yang padat dan nyali yang kurang.

Motor ini sangat nyaman dari segi posisi duduk dan handling, bahkan jauh lebih nyaman dibandingkan astrea legenda yang dulu saya punya dan Scoopy saya, dibawa macet punggung gak akan pegal, paling hanya tangan kiri aja yang agak pegal nahan kopling “̮♡h :ph :ph :p♡”̮ untuk masalah performa motor ini termasuk kencang untuk ukuran 125cc padahal downgrade. Sepertinya AHM sudah merancang sedemikian rupa motor ini agar aman dengan bensin RON 88 tanpa harus kehilangan banyak performa aslinya sonic, sayangnya dari segi timing pengapian agak lama untuk mencapai power maksimal 10.000rpm efek dari penyesuaian jenis bahan bakar RON88. Satu hal lainnya yang saya sukai dari motor ini adalah desain speedometer yang full digital, walau pun termasuk kecil tapi semua indikator yang diperlukan termasuk lengkap (kurang jam digital saja menurut saya). Konsumsi bensin termasuk boros untuk ukuran motor bebek, seandainya bagasi depan disulap jadi tangki bensin mungkin akan lebih baik. Getaran mesin cukup halus dibanding megapro primus dan tiger yang bikin tangan kesemutan.

image

Beberapa kekurangan yang termasuk bawaan dari motor ini adalah pindah gigi dari 1 ke 2 dan sebaliknya agak keras bahkan kadang bunyinya super “jedak!!!” Untuk masalah ini solusinya memakai oli yang pas, sebelumnya saya memakai Supreme XX perpindahan gigi sangat keras namun akselerasi nendang, kemudian karena tertarik dengan demo oli BM1 akhirnya saya mencoba yang SAE 15-50w SJ, oli ini untuk tarikan awal enak lembut tapi untuk naik diatas 8000rpm sangat berat, lalu saya coba BM1 SAE 10-40w SL lumayan ringan tapi sepertinya penguapan termasuk banyak. Oli BM1 ini menurut saya cocoknya buat motor dengan karakter overstroke yang banyak main di rpm bawah. Lalu saya mencoba motul gold 15-50 mesin adem dan perpindahan gigi termasuk halus, penasaran coba motul hi-tech SAE 10-40 malah sering selip kopling, rupanya oli mahal belum tentu cocok buat motor kita wkkwkkwk intinya cocok2an. Pada akhirnya saya mencoba AHM oil yang orange wow sangat cocok buat cs1 saya, penyakit pindah gigi keras hilang sama sekali dan tarikan sangat ringan walau mesin jadi berisik. Sesekali kalau mesin panas suka susah turun gigi.

Penyakit bawaan lainnya CS1 ini yaitu body belakang yang gak centre, entah swing arm atau memang quality control yang gak ketat saya tidak tahu, solusinya kayaknya harus senter bodi, nanti lha kapan2 saya senter bodi. Serta kualitas body secara keseluruhan cukup baik, hanya body antara visor dan stang yang kopong dan bergetar. Rantai cepat kendor dan rem cakram kurang pakem.

Untuk hal-hal aneh lainnya pernah satu kali saya alami gejala knocking pada saat mau akselerasi di gigi 2 bunyi “klok-klok” di mesin, ini terjadi pada saat saya terpaksa menggunakan premium karena pertamax habis. Selain itu juga pernah terjadi pindah gigi sendiri pada saat deselerasi gigi 4 tiba-tiba motor loncat langsung pindah gigi 5 wkwkwkwkk,,,

Kalau ada yang mau menambahkan seputar kelebihan dan kekurangan CS1 silahkan share dan diskusi

From → Uncategorized

184 Komentar
  1. Tulisan nya bener banget gan,, hahahaha
    klo pakai BBM premium, cocoknya kita pakai Oli apa ya gan..?

  2. badass permalink

    motor cacat, bentar lagi confirm diskontinue..

    • klokurdiladem permalink

      otak loe yg cacat, coba loe bikin sndiri deh motor yg lbh bagus dari cs1, otak cacat ngomong cacat jg

      • Yang bilang cs1 motor cacat mari di adu sini,,,ntar kelihatan siapa yang motornya cacat,,,,

    • kasian yg ga ad duit beli itu

  3. Cesser permalink

    Hemmm pantesan si matius dah gak pernah eksis ternyata cs1 nya dah dijual sama ente..

  4. Pngn pnya cs1 tp dah trlnjur besi wtf

  5. sleap permalink

    dulu pengin…tapi dah mati
    besok.ahm bikin cs2

  6. kelemahannya hanya soal desain yang debatable menurut saya loh ya, sepintas terlihat oke, desain asli Indonesia loh. Tapi 3-4 kali liat mulai terlihat aneh, karena ceritanya ini bebek sport, tapi lebih kental nuansa bebeknya instead of sportnya, terutama jika dilihat dari samping. Mungkin karena desain setang yang ceritanya dibikin nyaman ala bebek. Gak salah sih, kena kok tujuannya, tapi yaaaa malah jadi aneh aja hehehe. Singkatnya, GJ, lo mau bebek apa mau sport? u cant have them both…pilih salah satu.

    Dulu waktu pertama kali loncing, sempet kepengen hehehe…

    Oia salam kenal ya…

    http://kobayogastea.blogspot.com/2013/08/meet-iwb-humble-and-charming-person.html

    • Iya juga sih, desain stang yang nyaman kalau pas ngebut malah bikin kita gak bisa nunduk untuk meminimalisir terpaan angin😀

  7. motor lemot dan jelek..maaf ini penilaian saya

    • Anda memang benar dengan mengatakan bahwa motor ini lemot tapi di putaran bawah. Power baru keluar diatas 6000 rpm jadi rider harus telaten mengurut gas

      • ente bilang power baru keluar di atas 6000 rpm? Woy, CS 1 tuh mesin SOHC. Mesin SOHC kan karakternya power keluar di putaran bawah, dan “nafas mesin” cenderung lebih pendek / singkat…. jadi kalo udah masuk rpm tinggi, ya tinggal nggereng nya aja tapi kalo urusan akselerasi putaran bawah, semestinya SOHC lebih unggul…. kalo ente merasakan power emang baru keluar di rpm 6000, itu mah perasaan dan sugesti ente aja mungkin…
        Lain halnya dengan mesin DOHC yang memang dirancang buat putaran tinggi. Itu emang bener2 tenaga baru kerasa banget di putaran tinggi. Kayak contohnya Honda CB150R, Suzuki FXR, Satria F, CBR, Ninja 4 tak.

      • Mas nopal sudah pernah bawa CS1 kah? Contoh yang anda katakan seperti Honda CB150R, FXR, CBR250R dan Ninja250 kesemuanya bertipe overbore sama halnya CS1 terlepas dari single atau double overhead camshaft. Saya sudah pernah mencoba old CBR150R, CBR250R dan Ninja 250 karakteristiknya CS1 sama seperti mereka. Kalau yang anda tahu bahwa mesin SOHC cuma unggul diputaran bawah seperti V-ixion, New Megapro dan bebek2 lainnya… anda harus coba CS1 atau sekalian Sonic

    • Yang bilang lemo jelek ayo di adu,,,,motor siapa yang lemot n jelek..

    • Jargon permalink

      Coba aj dulu,,jangan pernah menilai kalo belum coba,setelah itu pahami karakteristik antara over bore dan over stroke.. Baru ngotot.

  8. kholis permalink

    Ini motor sensasional

  9. Maaf nih, sekedar berpendapat tentang CS1:
    Mesin tidak ada nilai plusnya yang bisa dibanggakan, terkesan nanggung. Body udah dibikin gede begitu mesin cuman 125 CC. Harga terlalu mahal untuk 125CC. Meskipun agan2 bilang harga CS1 mahal dikarenakan ia motor paling unggul dikelasnya (125CC), tetap saja terkesan nanggung. Orang2 banyak yang lebih memilih langsung 150CC sekalian. Coba CS1 dibuat 150CC, gak perlu DOHC dah, lumayan buat saingan ama Jupi MX. Terus knalpot terlalu jelek, minimalis, polos, terlalu halus. Buat yang rada sangar dong… Suaranya agak digedein lah paling tidak, meski bentuk knalpot sama….Body gak jelas. Tuh motor bebek, ayago, ato motor laki? Kalo ayago, mending sekalian skok depan dipanjangin kayak Satria FU, model jadi lebih jelas dan sporty. Desain body terlalu minimalis, kurang sangar, kurang garang, kurang greget, terlalu ke bapak2 an. Buat dong yang agak ugal2 an (dalam artian positif). Shock belakang terlalu empuk. Dipake nikung kec. tinggi chasis jadi berasa lari2. motor lemot. Design tampilan speedometer jelek, kekecilan, gak ada kesan maco ataupun sporty samasekali, meskipun full digital.

    Kesimpulan pendapat saya, Honda berusaha menciptakan motor sport, mesin kencang, handling nyaman bernama CS1. Namun, semua itu sangatlah sulit bila dipadukan menjadi satu. CS1 saya katakan sebagai produk gagal. CS1 kurang bisa memancarkan kesan apapun, entah itu sporty ataupun maco.

    • Yup semuanya serba nanggung, semoga AHM membaca postingan agan disini biar AHM bisa belajar dari kesalahan CS1

      • Iya gan, Secara mesin CS1 emang paling unggul di kelasnya. Tapi ya itu, design finishing nya kurang greget…

    • Yang bilang lemo jelek ayo di adu,,,,motor siapa yang lemot n jelek..

  10. menurut org” katanya cs1 sip buat ngebut dijalan pengen ah beli cs1

    baca juga metro ui di sini http://windowsphone8ui.blogspot.com/2013/09/metro-ui-dan-smartfren.html

    • CS1 itu sip buat belajar gantung rpm, hal yang gak bisa ditemui dari bebek2 lain

  11. Joki Tua permalink

    Gini ya ak sarring…. CS1 emang lumayan tuk tarikan tapi body memang kliatan beda… bagi yg kurang suka kadang bilang seenaknya tapi ingat mas broo setiap desine motor tu punya kelemahan atau kelebihan tersendiri. Ak punya CS1 tahun 2011 top speed nyampai 120 kpj tu lumayan lama nempuhnya kalau dibandingkan dengan Supra X 125 FI ga beda jauh Supra X istrku juga mampu nyampai 120 Kpj..tapi lebih lama.Jadi jika supra X 125 dengan CS1 ga begitu jauh. buat teman2 juga harus hati2 jangan sradak sruduk soalnya Cs1 ku juga pernah di permalukan dengan New Smash… ya masalahnya jalan pendek2 si.. namun tuk trek jauh Smash di jamin ketinggalan.
    Jadi menurutku Cs1 emang lumayan tuk trek lurus atau jauh namun tuk jalan pendek-pendek atau tanjakan hati2 tetep kalah jauh dengan Jupiter apalagi Sogun SP.

    • Kalau performa memang ibarat buah simalakama akibat kebijakan AHM yang menurunkan kompresi motor dengan dalih aman konsumsi premium menyebabkan performa CS1 tidak superior seperti saudara jauhnya Sonic dan CBR125. Kalau isi premium motornya rada ngeden, isi pertamax juga mubazir karena performa gak maksimal

  12. amid permalink

    maaf bro g ada motor cacat dijual setiap motor punya keunikan tersendiri dan setiap pengendara harus kenal karakter motornya terlebih dahulu contoh Satria FU motor yg tarikannya kenceng dan sangar jika joki g mengenalnya sama aja bohong, Supra X 125 sebenarnya tarikannya juga oke hanya saja tendangan awal yg kurang greget, dulu pada waktu ak pijam shogun SP dalam hatiku motor ko tanjakannya kurang greget e setelah sy tahu ternya shogun SP jangan menggunakan gigi 2 pada kecepatan 40kpj di tanjakan tapi lebih dari 50 kpj pasti pengedara akan merasakan dsyatnya shogun SP di tanjakan. begitu juga pada saat ak pinjam CS1 sy rasakan tarikan awal emang masih seperti Supra x 125 tapi kian rpm naik tambahterasa larinya. jadi maaf brow jangan meremehkan sebuah motor jika belum kenal karakteristiknya. gitu……….

  13. harie permalink

    Kebetulan ane udh 4thn pake cessie hitam nih.,
    Klo ane ngerasa cocok pake oli castrol gold dan jelas kudu pake pertamax., rekomended buat yg suka jarak jauh keluar kota ky ane.

    Cs1 pny ane gak di modif aneh2 yg penting perawatan ok kondisi cessie selalu prima dijalan, cuma ban aja ane pasan tubles dan agak lebar sedikit biar makin lengket sm aspal plus ganti kiprox, kiprox asli udh kacau stater gak fungsi jd mau gak mau hrs diganti

    Cesie ane udh nemenin trs perjalanan keluar kota dan aman sangat nyaman, mau di miringin waktu tikungan paling enak di banding motor lain sekelasnya, tarikan ? Agan2 disini pst udh tau jelas gmn enaknya tarikan cs1, saat motor lain ngeluarin suara mesin keras krn over kebalik cs1, saat suara mesin ngeraung, agan siap2 dibawa lari sekenceng2nya sm cs1.,

    Setiap motor pst ada kekurangannya.,
    Menurut ane cs1 trllu pendek engginenya jd suka mentok di polisi tidur, sok depan empuk sih, tp klo benturan keras pst bunyi suara keras “klookk”, dan lampu yg redup.,

    Gr2 redupnya lampu cs1 ane masuk lobang yg nyebapin dudukan lampu depan patah, dan ajaibnya pelk cs1 amat kuat, gak bengkok sedikitpun

    • Kiprox ane juga udah koit nih masbro. Ganti pakai apa neh?

      • ibam permalink

        apa tandanya kiprok mati bro? Mati atau cuma kabelnya yang putus?

        Lalu karbunya kenapa? Kok mau diganti baru? Nggak ganti yang karbu non vakum aja bro?
        harga karbu ori berapa?

      • Wah maaf2 baru bisa moderasi komentar, kiprok gak ngangkat starter elektrik dan aki tekor melulu. Maksudnya saya itu karet vakum karbunya sudah getas dan banyak baretnya jadi kayak gak nyedot bensin. Pada saat idle mesin suka mati sendiri dan ada bunyi kilik-kilik di mesin, pada saat mau buka gas pun mesin malah mati sendiri dan kalau dibawa jalan pada rpm rendah suka tersendat

      • Kalau karbu ori saya gak tahu, saya cuma indent karet vakumnya seharga 85.000 perak. Untuk masalah mengganti karbu non vakum koq rasanya sayang banget toh dengan karbu vakum lebih terukur proses pembakaran bensin dan meminimalisir bensin yang terbuang percuma dan penyaluran tenaga dari crankcase ke roda lebih optimal. Untuk pemakaian harian, spek standar is the best

      • ibam permalink

        oh cuma karet vakumnya, wuih mahal juga ya karetnya, padahal karet vakum matic suzuki nggak nyampe 50rb. Kira-kira ada substitusinyanya gak ?
        Di ane karet vakumnya kok lembek banget ya, cuma dibalik karbunya, skepnya ikut gerak, apakah masih normal?

      • Yup karet vakumnya mahal dan indent, kalau masalah masih lembek atau enggak saya gak begitu mengerti yang pasti kalau pada saat betot gas masih kerasa jambakan setannya berarti masih normal IMHO

      • Nah lho koq avatarnya berubah ya…?!

  14. Kurangnya hanya dibagian setang & tangki bensin, selebihnya keren. IMHO

  15. krisna permalink

    saya 2 tahun pake cesi walaupun orang lain bilang motor banci.tapi mesin ga banci, 145 kpj tembus.buat nguber vixion sama ngasapin terlalu bisa malahan. mesin 125cc memang lebih kecil di banding jupex tapi soal torsi bisa di adu.jeleknya cs1 cuma perpindahan gigi sendiri secara tiba2 dan body yang mayoritas bilang banci padahal belum rasain performanya,

    • Maksudnya bagaimana mas bro koq bisa dapat 145km/h dan torsi bisa di adu ? Rasanya kalau standar koq mustahil ya kecuali swap head CBR150R sekalian sama gearbox-nya

      • ibam permalink

        bisa bro, .,,…….
        Dengan cara turun gunung.😀

  16. Jargon permalink

    Ad kesan tersendiri bagi pengguna cs1,,di karnakan bodi yg beda dengan motor lain,,untuk sped CS1, udah banyak kok yg di adu sama motor yg lebih gede CC nya dan hasilnya sudah bukan menjadi isu lagi..

  17. Ceeeeeeesssss

  18. Cs 1 permalink

    Aku berani make V power…. sekilas bensin mahal tapi ke mesin ibarat kratingdaeng

    • Wah maaf baru bisa moderasi, daripada kratingdaeng saya lebih prefer Monster Energy

  19. ino cilacap permalink

    kenapa tarikan gas mesin motor honda cs1 saya tersendat dan pernah sekali sampai mati sendiri dan tidak bisa stater, setelah saya masukan bengkel dan buka karburator bisa normal lgi tpi satu minggu kemudian/setelah saya bawa di atas +70(lebih)/km kembali motor saya tersendat lgi, tolong masukannya, oh karet hitam yg di vakum karburator baru di ganti tpi ttp bermasalah

    • Sepertinya masalah kelistrikan, coba cek kabel busi yang menyambung ke koil siapa tahu ada korslet

  20. sanjaya permalink

    kalo saya, apa pun motornya yg penting mereknya=HONDA
    Honda itu lebih mahal = berqualitas lebih baik
    Honda itu efisiensi gak prlu cc gede biar irit bbm
    Honda itu gak perlu tarikan super macam motor tetangga sebelah
    Honda itu efisiensi, otomatis bakal irit,bertenaga dan kencang
    saya udah membuktikan kehebatan Honda CS1,test uji adu cepat di balap liar
    #FU 150 (tunggangan saya)+CDI BRT dualband code TR+pilot n main jet kitaco+knalpot brisik (mesin std)
    #Honda CS1 (tunggangan bengkel org lain) (Full ori std ting-ting) kering langsam
    Hasilnya satria FU saya kalah tertinggal kira2 2meter

    • Ya memang cs1 itu di nilai dari penampilan gx terlalu bagus,tapi soal penampilan kita sendiri bisa merubah’a,, bahkan cs1 bisa dengan mudah dimodifikasi seperti satria f loh sedangkan satria f ingin merubah penampilan’a seperti cs1 pasti sulit….
      Dan memang masalah utama’a dari carbu yang gampang lemah…
      Tapi dari tenaga jangan di anggap remeh,,bukan karna saya punya motor itu jadi saya ngebela’a tapi memang itu kenyataan’a…
      Agan2 salah jika membandingkan’a dengan satria f karna semua orang juga tau cs1 dan satria f itu berbeda, jika saja satria f isi silinder’a/cc hanya 125 dan mempunyai 2 klep layak’a cs1,satria f masih di bawah cs1 gan..
      Saya yakin jika satria f seperti itu dalam kondisi standar satria f ga mungkin mampu menebus 11.500 rpm, 120 km/h seperti cs1 saya ingat ini dalam kondisi standar loh…dan juga kalo dari mesin cs1 lebih bandel dari satria f yang rentan dan rapuh dalam artian cepet rusak mesin besar cepet panas tanpa pendingi dihiasi radiapor yang ta berguna,,
      wajar satria f cepat karna isi silinder’a/cc 150, memiliji 4 klep dan 6 spped apalagi karna satria f sengaja di rakitan untuk sirkuit drag dalam kondisi standar,,

  21. saya ingin tanya gan. saya kpengin ganti motor cs1 yg tdinya mtor sya honda tiger.. tapi saya denger2 salah satu kelemahan cs1 pada radiator yg sering bocor apakah benar sperti itu??? sebab itu saya ragu mau ganti cs1..terimakasih

    • CS1 saya sudah berumur 6 tahun masih sehat aja. Yang penting perawatan radiator secara berkala, kalau saya biasanya tiap setahun sekali atau 10.000km selalu cuci kuras radiator. Cuma memang posisi radiator yang agak rentan kena batu kerikil dsb…

  22. rofik pemalang permalink

    mas beroo, sekarang harganya brapa ya????
    dari dulu pingin bangett tpi baru ada duiitt hehehe

    • Entahlah sepertinya sudah gak produksi lagi masbro, kalau ingin memiliki motor ini ya jalan satu-satunya cari sekenan

  23. Sempet naksir, cuma jarang sekali nemu yang masih mulus rondonya…

    kelebihan : design of the box.. no offence rada aneh, cuma asiknya jarang yang nyaingin di jalan.
    kekurangan : dikit ajah, rada kurang sreg sama tangkinya yang tetep di bawah jok..

    salam kenal masbro..🙂

  24. wahyu permalink

    Cesar ane dah 3 thun.
    Kira kira shock depan bunyi mulu knapa ya kaya ga maen.
    ganti per udah
    Ganti oli shock udah.
    ad saran?
    Nb medan jalan lumayan berat. Bnyak lubang

  25. bro, konsumsi bbm nya berapa Km/Liter? dikasihtau dong hehe.. kepengen ini

    • Konsumsi bbm pakai premium rata2 35-45km per liter tergantung cara bawa. Kalau pakai pertamax saya pernah terasa lebih irit, tapi juga pernah terasa lebih boros

  26. viento permalink

    Saran nie kalo mau enak pake oli Motul ester 5100, pake pertamax plus, pasti joss

  27. cuah permalink

    apakah cocok honda scoopy memakai oli BM1 yang SAE 15-50w SJ

    • Maksudnya bagaimana gan? Metic mau pakai oli buat motor kopling basah gitu? Saran saya untuk scoopy ya merujuk ke buku panduan pedoman pemilik yaitu SAE 10-30w JASO MB

  28. 2286 permalink

    semua keluhan honda cs1 suda g saya rasain lg, soalnya saya suka ngutak ngatik mesin ..
    Dha yg bilang gigi gampang pindah sendiri, ganti jha kampas koplingnya pake tiger yg g dha juddernya
    kalo lemot d putaran bawah tinggal gedein jha gir belakangnya, pasti rpm bawahnya nendang tp rpm atasnya memble ..
    Kalo saya lebih suka ganti karbu jha pake PWK sudco, malah gir belakang saya kecilin jd 38 tp rpm bawah sae2 mawon phalagi atasnya ..
    Body belakang g center emg iya tp lebih baik ketimbang rangka yg g senter ..😀
    radiator jg awet g pernah bocor selama pake ..
    Kalo harga yaa emang mahal sich d banding cc sekelas tp dha harga dha rupa dong ..
    Selisih 1 jt.an uda dpt radiator yaa mending yg pake radiator ..
    Coba deh agan2 bandingkan kalo lg marah2 trus d siram pake air sama d ademin sama cewe atau istri pilih yg mana ?
    Yaa sama kayak radiator dgn oil cooler ..
    Hahahahahahahahahahahaha ……..

  29. bajaj permalink

    Ane beli cs one gara gara pernah minjem punya kawan ane.
    Padahal awalnya ane ga suka ama itu motor karena bentuknya.
    Setelah ane make punya temen ane baru deh ane kepengen banget.
    Sumpah enak banget dipakenye.

    • de cs permalink

      Wah buset cs1 mantaaaaap.. apalagi pas gigi 5 di 6000 rpm, getaran mesin kecil banget, kaya makin ngajak lari gitu. ane beli bekas orsinilan warna hitam taun 2010 19 ribuan kilometernya. Gan ane mau tanya, aki ane kan soak tuh wkt pertama beli, nah ane ganti pake yg baru langsung dari hondanya eh tp dua minggu udah mati lagi, trus ane kaga ganti tuh aki, pas ane touring purwokerto bandung tiba tiba akinya joss lagi, dan sekarang soak lagi, kira2 kenapa ya gan?

      • Masalah kelistrikan tuh, saya juga ngalamin aki gak kuat ngangkat. Insha Allah ada waktu nanti mau cek ke Ahass

  30. ferdian canyon permalink

    Model cs1 terkesan seperti product eropa, coba cari di google ducati multistrada kayak apa modelnya.. Ntar terlihat yang kampungan/ ndeso siapa :v

    • adam permalink

      Gan. saya baru beli seken CS1 2008 akhir.. KM baru 18000 an.. motor terawat sekali..walau kata orang motor gagal produk.tapi menurut saya.motor ini bagus..walau top speed saya cuma 122 km/jam. tapi saya rasa ni motor masih bisa lebih kencang..setara top speednya dng motor scorpioz 2006 saya yang dah laku terjual. di speedo segitu. scorpio saya sudah menyalip tiger dan vixion di pantura..makanya ga berlebihan klo saya bilang motor ini bagus..yang membuat motor ini dibilang jelek adalah karena ciri khas kbanyakan masyarakat kita.yaitu propaganda/kata orang..mudah terprovokasi padahal belum pernah coba dan tau motor ini. skr ada model Ducati multistrada, yang muncul stelah CS1..modelnya mirip CS1.tapi knp ga ada yang mencela? karna propagandanya artis yang make..dan pada ga mampu beli.

      • Masyarakat kita memandang aneh bentuk body motor ini makanya gak laku

  31. greyz permalink

    Di rumah gw punya 4 mtr, cbr old 2005, satria fu 2005, cs1 2008, klx 250, mio old (bini) Gak 1 pun yg gw keluhkan. Honda, yamaha, suzuki, kawasaki gw punya ke 4 merek itu. Buat ngantor gw pake cs1, malming sm bini kadang pake fu kadang pake cbr. Kalo mau ngetrail gw bw klx 250 ke bogor. Mio bini yg pake kerja. Masing2 ada kekurangan & kelebihannya. Gw gak bs kompare karna gw pake untuk kebutuhan & selera gw. Gak ky lu smua otak udang, manusia sampah. Gak punya motor aja banyak koar, kencengan ini lah, kencengan itulah. Hargai perbedaan, stiap orang punya hak masing2 untuk berselera. Lu sesama bangsa sndr gak akur, pantes di jajah negara orang 3,5 abad karna otak lu sampah smua. Kalo gak tau apa2 diem aja, nyimak aja, gak udh bnyak bacot. Tai di gedein gak ada yg mau injek, ilmu di gedein baru bangga. Yg bilg cs1 sampah siapa, emg motor lu apa ??? Ada brp drmh ??? Gw kalo ga mikirin anak bini mungkin udh gw beli r6, cbr 600, zx600, gsx 600.

  32. imam permalink

    bb

  33. imam permalink

    sya test speed honda cs1.. bensin premium, oli fastron techno.. FULL orsinil kecuali busi,, saya ganti pake ballistic, tadi nya mau pake iridium tp susah nyari nya. berdasarkan speed yg saya dapet:
    gear1: 45km (max)
    gear2: 70km (max)
    gear3: 95 km (max)
    gear4: 111 km (max)
    gear5: 123 km ( BLM MAX)
    PADA gear 5 saya sudah kegabisan track.. tp kalo track masih ada saya yakin tembus 130km/jam ( kondisi bergoncengan lawan gl pro)

    ane pernah lawan fu 150 hasil nya memang kalah beda SETENGAH BODI MOTOR CS1 DOAN.. LAWAN V IXION menang

    itu pengalaman saya ma.af jika agak kasar.. saya melakukan ini karna saya kesal honda cs1 selalu di leceh kan

    pe

  34. Dua pekan yang lalu beli CS1 second. Tahun 2012 tapi baru kepakai 8400an Km. Sementara ini kesannya positif. Bensin juga irit. Terakhir tes 1 liter bisa untuk 52km pemakaian dalam kota. Sementara masih pake bensin premium.

    Kesan jeleknya cuma pada perpindahan gigi. 1 ke dua dan 2 ke tiga biasanya suaranya bikin deg2an. Terutama gear 1 ke 2. T_T Tapi karena katanya ini normal, ya saya cuekin. Meskipun tetep bikin was2😀

  35. imam permalink

    sekedar berbagi pengalaman
    saya td nya ingin memakai oli shell advance ax7 tp g ada.. eh malah di kasih shell helik (OLI MOBIL)..
    positif nya memakai helix:
    1 suara mesin di bwah 6000 rpm. mulus bener
    2 suara di atas 6000 berisi (mantap)
    3. gak cepet panas mesin nya
    negativ nya:
    1. oli cpet abis
    2. kalo suhu dah ke 3 bar. mesin berisik
    3. tarikan agak berat

    itu pengalaman saya memakai shell helix

  36. beny s permalink

    Mas, kenapa ya panel indikator panas mesin di spedometer cs1 ku ga muncul kotak sama skali?
    Tiap 3hari skali , saya selalu nambah coolant , apa radiator nya normal / bermasalah?
    oli yg cocok buat cs1 yg tiap hari jarak tmpuh 100km an apa ya/? ( slama ini aku cuma paki federal )
    Trims sebelumnya master..

    • Kemungkinan speedometer error ataw thermostat bermasalah. Oli yang cocok buat harian ya federal supreme xx ataw spx1 aja

    • cs1 owners permalink

      untuk masalah radiator ga ada di spidometer karna ga dpt ground/masa nya.coba cek di baut termostart nya mungkin kendor setelah dibongkar

  37. Gan, ane mw tanya, kalo piringan cakram, bs pengaruh G̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ ke pakeman rem ? Kira” kalo ane ganti cakram depan agak gede gmn ya?
    Cs1 ane rem depan nya kurang maen nih, apalagi di jalanan macet, sering rada ngeploss, pdhl ane kmrn baru ganti kanvas, trus udh dicek sama montir nya, katanya [̣̇o̲̲̲̅]̣̇[̣̇κ̲̲̲̅]­̣̇[̣̇e̲̲̲̅]̣̇(y) rem nya, cuma piringannya aja udah tipis.

    • Iya gan semakin besar piringan maka semakin pakem. Dulu ane pernah modif astrea legenda pakai cakram PSM depan double. Wuih pakem abis sampai ane pernah gasruk gara2 ban depan ngunci

  38. Sebenarnya CS 1 keren….kelemahannya tidak dapat melindungi sepatu saat hujan…cipratan dari roda depan mengenai sepatu…..bayangkan klo jalannya berlumpur….kaki jadi seperti habis dari sawah.

  39. alip permalink

    pengalaman pake cs1 2011 beradu sm vixion 2012 dr jogja sampe bandung. hasil hampir seimbang bahkan mulai akhir perjalanan cs1 performa ttp stabil. kekurangan ada di kapasitas tangki yang sangat minimalis, harus sering mampir spbu.

  40. junardi permalink

    Cs1 motor motor sialan yakni pertomax, rantai kendor, gigi nyankut. Jelek tanjakan, selang radoator bocor,,ancur ee.. tp cs1 tetap motor kesayangan the 2011 black grey. Saran g semoga Honda GA bkin LG motor beginian .biar g simpan di museum, tak akan ku jual

  41. bos bisa gak shock belakang supra x diganti dengan shock belakang tiger atau mega pro

  42. bos bisa gak shock belakang supra x diganti dengan shock tiger atau verza

  43. kalau aki gampang soak itu apa masalahnya mas??

    • Kelistrikan kemungkinan kiprok yang gak isi atau dinamo. Saya juga mengalami hal yang sama terutama kalau lampu harus menyala terus siang hari.

      • dicky permalink

        ye… siapa itu yg bilang cs one produk cacat… bego amat… ane pengguna supra x125.. dan pernah coba cs one nya punya temen… kalo ga salah nama ibam itu.. nama temen gue…. hehehe nah cs one nya si ibam coba ane pake… beh larinya enak coy…. suara meainnya menurut ane halus banget… dan kalo ane banding”in lagi ini cs sama mx… ya gue suka naik csnya… udah gitu spedometer full digital lg😀 mantep deh ni motor? sekennya skrng berapa ya?

      • Murah gan 6jutaan gen1

  44. Benny permalink

    Sharing Pengalaman motor ini yg udah lebih dr 6 taon bersama2…

    Waktu motor ini servis kedua alias 2000km, motor ini pernah dibetot abis2an di kemayoran, alhasil luar biasa hasilnya, mampu sampai 141km/h.. Tetapi mesin udah dalam keadaan red line alias mentok.. Tetapi sayang pas 17xxxkm harus ganti klep krn bengkok, kemudian 22000km harua ganti rantai keteng krn kendor keseringan dibawa kenceng..

    Untuk overall sy bnr2 puas pake CS1 krn menurut sy motor ini benar2 ringan, dan awet..
    Seumur2 pakai CS1 6 tahun lebih, baru ganti Gearset 1 kali, ketika itu gantinya jg pas 30xxxkm.

    Tp sayang skrg motor sy ini mengalami masalah, yaitu kebocoran udara. Motor ini unik, dilepas saringan udara motor ini langsung ngempos, bahkan gaq bisa langsam. Dulu pernah kejadian saluran udara dr box udara terbuka sedikit, alhasil gas dibuka full, top speed yg didapatkan hanya 60km/h.

    Kekurangan motor ini adalah jangan sampai ada kebocoran angin, terutama di bagian SASSnya (Secondary Air Supply System), karena sedikit kebocoran, maka ngemposlah motor tsb…

    Skrg motor ini udah masuk kandang krn udah ada yg lebih bagus. Hahaha…

    Sekian sharing sy ini…
    trims..

    • Jangan keseringan di geber masbro… Secara CS1 ini produk downgrade jadi ya kualitasnya gak setara Nova Sonic

      • benny permalink

        Hahaha… Iya boss…
        Skrg udah 47rb Km dan udah masuk kandang.. Udah mau dipensiunkan krn motornya udha ngambek2.. Mesti di Tune Up biar galak lg… Sama ini nih CS1 ktnya banyak bermasalah di bagian Kiprok… Ada rekomendasi penggantinya apa gaq yaah?? Dan brp duit kisarannya??

    • Bisa pakai kiprok BRT

      • Benny permalink

        Boss..
        Kiprok BRT Emang bagus yah?!
        Kalo bagus kisaran brp yah?

      • Maaf baru bisa komen, kiprok BRT bagus solusi buat lampu CS1 yang kurang terang. Tapi bikin umur bohlam cepat putus

      • Benny permalink

        Wah Berarti gaq bagus jg dong..
        Soalnya sy rencana CS1 ini mw rubah arus dari putaran mesin jd DC…
        Ada recomen Kiprok yg lain?

    • Kalau mau rubah DC pakai kiprok tiger tapi harus ke bengkel spesialis tiger secara banyak pemilik old CBR yang merubah arus DC memakai kiprok tiger

      • Benny permalink

        Harga Kiprok Tiger brp yah?
        Emangnya Kiprok Tiger yg paling direcomend yah?

      • Kalau mau rubah arus DC ya pakai kiprok tiger. Coba merujuk ke bengkel spesialis tiger setempat

  45. lutfi ramadhan permalink

    sy baru beli cs1 second tdnya pakai cbr old.yg sy rasakan.motor ini smooth bngt.tp bisa teriak di putaran atas.top speed yg sy capai.128 km/h.full digital gitu loh….bukan jarum suntik yg cm ngira ngira…dan yg mngejutkan sy adalah speedometer cs1 bisa sy katakan jauh lebih rendah hasilnya di bandingkan speedo motor lainya.sebagai contoh saat di sejajarkan dengan satria F karena do’i sama sama digital.tp the best lah cs1 full digital.dan hasilnya,di cs1 menunjukan angka 90 tapi di satria F 98.lalu sy coba bejek lagi sampai angka 110.dan ternyata di satria F tmn sy malah 119…so…mungkin yg pake satri F jangan terlalu bangga dulu mengaku ngaku bisa capai top speed selangit.krn sy buktikan sendiri.hasilnya.ban pun standart pabrikan.test terakhir paki aplikasi GPS .di speedo dapet 128.di GPS 125.sy dulu pakai CBR old yg speedometernya analog.full standar top speed dapet 150 lebih dikit.ga jelas.karena masih pake jarum suntik.eh di GPS cuma 131.parah bngt tuh cbr deviasi nya.

    sukses selalu para Cysers….

  46. ibrahiem permalink

    cs one lumayan alus lah… lebih banyak alusna dibandingkan dengan gorengna… hehe…

  47. Gan mtorku CS1. cari persamaan karet vakum untuk cs1 apa ya.? soalnya klw nyari d bengkel2 sparepart nya lumayan susah krn jrang yg make motor cs1 d daerahku. ujung2a hrus prgi ke AHASS. eee mlah sruh nunggu bbrpa minggu krn brangnya hrus d pesan dulu. mtor skrang kn bnyak yg vakum. kali aja udh ada yg prnh ngoplos.
    di tunggu koment baliknya agan2..

    • Gak ada subtitusinya gan, kudu musti harus pakai orinya. Saya juga dulu indent di AHASS. Saya pernah posting masalah serupa

  48. Cs1 memang mantep,memang sih kebanyakan temen ane bilang bodynya kurang bagus,katanye terkesan bapak-bapak,haha terserah apa kata mereka sih,kalo ane suka banget + sayang wkwk
    Kalo buat topspeed ane pernah nyampe 119kpj doang,soalnya nyali ane kurang dan suka berdebar gitu,mesin masih standar

    Ane pernah tes balap dengan jupi mx hasilnya menang cs1,tapi kalo satria f kalah,lawan vixon menang,tapi kalo lawan motor bebek biasa belum ada yg bisa ngalahin motor ane hihi

    Gan penyebab mesin cepat panas apa gan?
    Cs ane biasanya pulang pergi kesekolah cuma 3 batang doang pada tampilah suhunya,tapi sekarang malah kedap kedip gitu,karna aneh cemas terpaksa berenti bentar,trus ane bawa kebengkel,ganti oli mpx1 trus air coolentnya juga diganti,hasilnya mulai stabil,tapi tak sampai 2minggu penyakitnya ngulah lagi,please sarannya gan🙂

    • Kayaknya radiator tersumbat, sering main lumpur ya?

      • Main lumpur? Haha iya gaklah gan,cuma kadang pas hujan suka dibantai langsung ngebut gitu,rencana nanti mau dibawa ke AHASS sekalian konsultasi,kira -kira perbaiki radiator mahal gak gan? Soalnya ane kan masih anak sekolahan gitu,masalah duit masih tipis hehe

        Gan cs1 thn 2008 ama cs1 thn 2011 ada perbedaan dari bodynya ya? Punya ane kan Thn2011 trus pas ane liat punya orang kok kayak ada perbedaan gitu ya,atau cuma perasaan ane doang😀

      • Beda striping doank, kalau masalah radiator kayaknya agak ribet deh. Pasti gak ready stock sparepartnya karena import thailand

    • cs1 owners permalink

      itu masalah nya cuma di termostrat nya gan

  49. Gan ane tadi ke bengkel umum tempat ane service seminggu yg lalu,dicek oli gak ada masalah,tes kipas masih jalan,trus karna tu bengkel rada kurang ngerti ane disuruh ke AHASS sampai diAHASS dicek cek air raidiatornya ada kok,tes panasin digas full sampai RPM 9000 trus indikator kedap kedip barulah kipasnya berputar,kata tu mekanik ini masalah biasa,mungkin tergantung jarak dan perjalanan,tapi ane bilang jarak tempuh ane cuma sekitar 30km setiap hari gak pernah panas tu panas tu motor sementara ini baru aja 15menit perjalan udah panas banget,trus mekanik yg lain bilang tutup radiatornya udah mulai mengembang,coba aja kuras trus ganti air radiatornya,tapi ane bilang kemarin baru aja ganti air collent bang,trus gimana ni? Dia bilang suruh tanya kekasir,sane tanya mbak bersihin radiator berapaa? Trus dia bilang kami tidak melayani membersihkan radiator mas,tapi kok mekanik itu nyuruh bersihin radiator,yaudah suruh aja dia yg bersihkan,haha mereka malah berantem gitu,gimana ya gan? Mesin ane bermasalah? Ditunngu sarannya

    Nb maaf ane curhat😀

    • Standar suhu CS1 itu 3 bar. Kalau naik 4 bar biasanya kipas nyala langsung turun 3 bar lagi.

    • Benny permalink

      Itu jg bermasalah dgn sy boss..
      Biasanya Anteng di 3 bar.. Skrg udah lebih sering di 4 bar bahkan waktu itu sampe 6 bar…
      Saking macednya, akhirnya terpaksa pergi ke jalanan kosong lalu dikebut abis2an, eh dia turun lagi sampe 3 bar… Untung gaq ada yg pecah..
      Seharusnya sih ke Bengkel Radiator boss biar dia yg cekin, jangan di AHASS Soalnya dia cmn menangani Perawatan Mesin doang..
      Sparepartnya memang Super Susah Dicari, Bahkan bisa berbulan2..
      Ada orang masuk bengkel AHASS udah ada kali 6 bulan lebih gaq keluar2, Pas ditanya knp rupanya ganti Ring Seher..
      Hadeeh.. Ring Seher Cesi jg udah harus diganti nih! udah ngebul RPM Tinggi…

      • Sparepart mesin mendingan ganti sekalian lah jeroannya pakai Sonic:mrgreen:

      • Gan cessii ane sembuh gan,tanpa diapa-apain,allhammdulillah gak nyampe 4 bar dipanelnya,cuma mentok tiga bar doang,tadi sore ane coba muter-muter kota,entah kenapa sembuh sendiri tu motor wkwkw,tapi tadi malam kan hujan tuh pas ane liat malah cuma 1 bar doang,mungkin karna cuaca dingin barangkali

  50. Salam satu hati (Y).
    Numpang nanya ni mas.
    N sdikit cerita. Keluarga ane emang udah lama ngetopin produk Yamaha.
    Awal ane make honda pada thn 2005. Supra fit. Yg sekarng udah kelam. Akhir 2014 ane jd marketing penjualan di dealer sepeda motor HONDA. Dan ane make blade 125 fi.
    Dan sekarang ane ngeburu CS1 yg akhirnya ane dapatkan.karna penasaran banyak orng bilang produk gagal.(Termasuk teman2 di kantor n di AHAS sendiri sebagian kok).katanya, dibilang sport ni motor bebek.dibilang bebek ni domba.dibilang domba ni banteng.ya bikin ane semakin penasaran.Sekarang CS1 dah ane tunggangin. Ya baru 4 hari dri sekarang tgl 2 agustus 2015 beli sekennya.
    Nah yg ane mok nanya ni. CS1 rakitan 2008 apa emang kipas radiatornya gk otomatis ya mas ?
    Soalnya pas ngidupin kontak eh langsung muter ni kipas ?!!
    Satu lg. Ni motor kok cepat panas ya?
    Baru jalan 2 kl udah nongol 2 bar.padahal oli baru ganti make MPX 1. Air radiator full.
    Shock blakang pendek. Suka jedug police turu hehe..
    Udah itu penasaran ma sperpartnya. Msh ada jual gk ya ?
    Teman2 ane di AHAS jg sdikit bingung kalo di tanya. Ada jg jawabannya ” Paling mesan.sapa tau ada.gk tau kalo body,msh ada gk produknya”. Gitu mas.
    Saya n teman2 yg bsa dibilang orng dalam dri honda itu sendiri. tpi bingung soal unit honda yg atu ini hehehe…
    Tolong pencerahannya ya mas ?
    So mas kan udah lama tau seluk2 CS1.

    • Salam satu hati juga mas bro, selamat deh sudah berhasil memantapkan hati buat meminang 2nd CS1 yang sudah jadi legend… Melihat cerita anda diatas ada beberapa hal yang jadi kendala ya antara lain

      1. Kipas radiator gen 1 yang nyala terus ya, hal tersebut tidak normal. Cessy ane hanya akan menyala kipasnya jika suhu sudah menginjak 4 bar dan setelah beberapa menit maka suhu akan menjadi 3 bar lagi. Melihat keterangan anda, sepertinya jalur kipas sudah di jumper langsung ke aki. Jadi otomatis nyala melulu, imho ada kerusakan di auto atau kemungkinan sensor termostat rusak.

      2. Motor cepat panas, sepertinya normal saja. Cessy ane juga begitu tapi suhunya stabil 2-3 bar saja, kalau macet lama baru naik 4 bar. Oli mendingan pakai SPX1 aja deh walau gak rekomen juga (ane dulu pakai motul ester 5100 SAE 10-40w

      3. Shock belakang pendek, itu memang bawaannya kalau ground clearance CS1 pendek:mrgreen:

      4. Sparepart susah, memang iya:mrgreen: tapi part fast moving bisa kanibal koq. Saya juga harus indent kalau nyari sparepart

      5. Domba garut yah, tapi tenaga banteng kan:mrgreen: gak kayak motor banteng tapi larinya kayak domba (ini statement temen saya yang punya motor banteng trus nyoba pinjam Cessy ane)

      dan maaf agak lama reply, lagi ada kesibukan… Semoga bermanfaat

      • Makasih mas pencerahannya. Jd adem ane.
        Udah ane coba kalo soal ngelawan banteng. Ni beneran domba ane larinya malah persis banteng. Yg banteng beneran malah kek domba larinya hahaha… Tpi gk semua banteng yg di maksut. Wajar2 aja kalah kalo se ekor domba lawannya raja banteng. Wiiihhhh…
        Tpi iya jg kalo soal tanjakkan. Domba ane kok malah kek bekicot. Masa kalah ama bebek kampung ?!!!
        Tapi gpp. Ane dh cinta buanget ma ni domba. Ngedapetinnya mesti tukaran ma blade 125 fi kesayangan lho mas hehe..
        Yg mash nyacatin CS1. Monggo di coba dulu biar kerasa. Soal jeroan. Gk mesti taruhan. Dh nyata mesinnya bandel. Kagak kenal sakit walau dh berumur 7 thn.
        HONDA gitu hahaiiiii…

  51. muhammad ari permalink

    mas maaf honda cs1 saya kalo kena hujan kenapa ya gabisa tarik gas rpm naiknya sedikit mentok” di kecepatan 50 barangkali sudah ada yg pernah ngalamin dan mohon di share solusinya apa ada yg perlu diganti atau gimana? soalnya setiap hujan pasti kaya gitu

    • Saya gak pernah mengalami itu. Walau hujan tetap ngacir. Penyakit brebet kalau hujan itu justru bawaan NMP.

      Kemungkinan CS1 mas bro ini kemasukan air di karbu

  52. bhaghashura permalink

    salam buat agan” para pecinta cs1, ane juga punya nih cessy keluaran tahun 2010, walupun beli seken, tapi mesin dan body masih mulus coyy, kmnya rendah pula, dan ga kerasa udah setahun ane bersama cesy, untuk kelebihan nih motor wahh pasti agan” dah pada tau apalagi juga yang punya, karena setelah saya baca” komennya itu yaa hampir sama yang saya rasakan, dan yang bikin saya seneng sama nih motor, kalo dijalan berasa unique, bukan motor sejuta umat juga, pokoknya berasa jadi rider langka dahh kalo bawa motor ini wkwkwkwk, cuma yang saya ingin tanyakan kok motor cesy ane kipasnya muter kalo ane nginjek rem belakang ya ? agan” disini ada yang kaya gitu ga ? soal status bar mesin sih normal aja cuma sampai 3 bar kalo macet 4 bar dan selama 1 tahun baru ngerasain 5 bar, itu juga pas kena macet parah, normal ga yaa gan kipas radiator ane kalo gitu ? makasih

    • Normalnya kipas radiator akan menyala kalau suhu mesin naik 4 bar. Kalau hal yang agan sebutkan diatas dirasa tidak mengganggu ya biar aja begitu

      • bhaghashura permalink

        ohh begitu gan, soalnya ane ga pernah ngecek kalo 4 bar itu kipasnya nyala apa kagak, soalnya panas nengok ke mesinnya juga :v
        cuma kalo waktu di panasin, setiap saya injak rem belakang itu kipasnya muter, padahal kan bar belum naik 1 batang pun, lah wong belum jalan…

    • cs1 owners permalink

      klo rem belakang di injek trus kipas baru nyala itu ga normal gan.karna kipas radiator itu otomatis nyala pada saat di 3 bar.

  53. bibi permalink

    numpang nanya bang. kok motor cs 1 ane pas gigi 3-5 klw udh panaas ane putar gasnya lebih dr setengah kyk ngedem… kecepatannya ngk nambah.

    • Mungkin slip kopling

      • habibi permalink

        ktanya klw kopling yg msalah motornya ngk bsa jlan bro. trus motor ane jalannya mantap bro.. cman klw gasnya udh lewat stngah udh ngk bisa naik kecepatannya…bahkan klw ane putar ampe full. smpat tmpo hri gue bawa ke honda. ktanya ass gasnya.. tp itu katanya bro

      • Sudah cek karet vakumnya? Mungkin sudah getas jadi gak nyedot bensinnya

      • habibi permalink

        mmng ji bro udh agak getah karetnya..

      • Ganti karet vakumnya, In shaa Allah penyakitnya sembuh

  54. yubef permalink

    gan mau tanya dong,
    1. pas lagi jalan trus mau berhenti (misalnya lampu merah) mesin mati, jadi setiap ane mau berhenti ane harus maenin gas biar ga mati. ini kalo mesinnya anget (3 bar kebawah), kalo mesin panas malah ga mati pas mau berhenti, ini normal apa engga?

    • Enggak normal, cek setelan langsam mungkin terlalu rendah. Idealnya langsam 1.400 rpm

  55. core permalink

    Cs1 saya kadang2 kalo di netralin eh pas kopling di lepas malah loncat,padahal di spedo nya udah ijo netral,wah ini kenapa ya mas bro,jadi bingung nih,kali aja tau nih mas bro,tolong di sare,thank’s ya,..

    • Kemungkinan sensor gear yang ada di persenelling bermasalah. Mungkin tembaga/kuningan untuk sensor display berkarat jadi salah mengenali yang seharusnya belum netral tapi dianggap netral gitu. Kalau bukan berarti ada selip di mesin

  56. nando permalink

    Gan @REC*303 tolong pencerahannya, saya pemilik CS1 dari Okt 2009, sampe sekarang ( 2015)
    Sudah 3 tahun belakangan motor ane ga bisa dibawa lebih dari 70km/jam seakan-akan ada yang nahan, dan kalo gasnya diteken abis tetap aja ngeden,

    Pernah bawa ke bengkel AHASS sampe arahan bengkelnya untuk ganti kanvas kopling ori cs 1 ga menyelesaikan masalah mala sempet mpe berantem ma mekanik ane kupas tuh kanvas berpikir ga ngefek, trus ane ganti pake kanvas tiger dehhh mpe sekarang tuh motor pake kanvas kopling tiger, lalu sempet ganti bensin pake pertamaax juga ga menyelesaikan masalah,

    Lain waktu pernah diservice bisa lari lagi tuh motor , tetapi ebebrapa hari kemudian balik lagi keasal ga bisa lari diatas 70km/jam, jadi selama ini ane bawa motor CS 1 kyk bawa vespa jadul jalannya pelan amirr..

    Ane uda capek gan, ngebawa ke bengkel AHASS ga kelar2 tuh masalah, kira kira ane tau ga penyebab utamanya…

    Thanks gan buat bantuannya

    • nando permalink

      kira-kira kalo ane baca beberapa komen, komen ane kurang lebih sama dengan komen agan @habibi, tapi kalo dari agan sendiri pendapatnya gmn…

      • Yup kemungkinan karet vakum sudah melar jadi gak bisa maksimal nyedot bensin, coba di cek vakum karbunya

    • Maaf baru bisa moderasi, sudah cek vakum karbu?

    • Benny permalink

      Dulu sy Jg begitu.
      Top Speed 60km/h pdhl digas mentok sementok2nya.
      Coba di cek Box Air Filternya..
      Perhatikan di bagian selang karbu dr Box Air Filternya…
      Ingat CS1 ini tidak bisa ada Kebocoran angin…
      Ini Sekedar Sharing aja..
      Trims

    • dicky permalink

      itu karena ente bodoh gan… bodoh karena malas membaca… malas membaca karena itu ente asal main tulis terus pengennya langsung dpt jawaban… instan… bacalah… sekitar 2-3 komen diatas adalah penyebab dimana motor ente ngga bisa lari kentcang. budayakan membaca gan… budayakan searching dan main main ke fanspage cs1 di fb. dan klub di sekitar domisili ente.. keep smart. and safety riding.

  57. andi permalink

    Gan sy punya motor CS1,setiap siang hari lagi panas panasnya matahari tiba-tiba jalan langsung buntu tolong bantuannya..

    • Itu banyak kemungkinan penyebabnya gan, masalah klasik CS1 kalau gak kelistrikan ya vakum karbu yang sudah getas. Coba di cek dulu pada saat terik matahari berapa suhu bar mesin di speedometer?

  58. Ane ga tau itu comment terahir tgl brp Gan,… maksudku masih uptodate pa ndak sy nambah comment. Tapi anggap aja ini update Januari 2016 yak.. 😀.

    Ane beli CS1 seken produksi 2008 bulan September/Oktober 2015 yang lalu. Dapet di KM 48rb.. Wkwkwkkkk. Janda banget kan.. ?! Trayek normal Solo-Jogja PP. Di rumah ada Beat, Revo, dan Ninja 250 (biar ga dibanding2 ama commentator sok gaya krn punya motor batangan, terpaksa buka kartu.. ) Hehe.

    So far,… Saya sangat cocok ama CS1. Ukurannya pas buat ane yg 163cm. Riding position nyaman,… ga perlu mbungkuk2. Handling jelas mantepan motor laki, tp dibanding beben or matic,… hadeh, beda kelas Bo’. Torsi ane sih cocok banget,… Cuma kalo pas angkatan, menurut gw napas gigi 1 kependekan. Tapi kalo dah gigi-2 and up, buat selap selip manstap.. Padahal ini motor tua lo ya. Moga aja Sonic lbh dari ini.. (blm pernah coba). Top speed 115,… tp tdk recommended, ah… secara jalan skrg sangat ramai. Lbh baik keep safety ride..!

    Ga tertarik jg buat compare ama motor lain… yg jelas buat ane, motor ini sangat baik. Harga seken kurang dr 8jt, dpt motor full kopling, cakram depan belakang, mono-shock, kenceng, digital panel kyk motor kekinian. Kalo di atas ada yg bilang rem cakramnya gak pakem, kata saiapa yak? ane pernah krnkondisi hrs ngerem keras, akhirnya sampai ngangkat ban belakang.. untung ga sampe nyium mobil depan…

    Kalo dibilang ini produk gagal, gagalnya dimana ya?! kalo nggak laku sih iya,… krn itu kan tergantung image pasar, Kalo orang pada ga suka ama modelnya,.. emang gw pikirin. Gw suka kok.. 😛

  59. epret permalink

    Cs1 mantabs, untung gak diterusin produksinya, jadi seperti punya motor ekslusive jarang ketemu kembarannya dijalan hehehe…

  60. yzr permalink

    gan, kalao cs1,pagi susah nyala terus kalau sudah panas gas nya langsung tinggi kira kira kenpa ya gan? ada solusi? maklum newbie

  61. yzr permalink

    karbu sudah dibersihkan, saat panas dan gigi netral gas langsung tinggi, kira kira kenapa ya gan? mohon bantuannya

  62. Andi permalink

    CS1 ku juga pernah tiba2 pindah gigi sendiri pas lagi nanjak bukit (saat itu posisi gear masih gear 2) trus tiba2 gearnya pindah sendiri ke posisi N..

  63. Amel permalink

    Kenapa gak dari dulu punya cessy, nyesel banget baru nyobain sekarang.

  64. Yurbian permalink

    Salam Satu Hati semuanya😀
    Ane mau nanyak nih, Ketika CS one ane(2008) dibawa kebut”an berkisar 5000rpm lebih(spidometernya sudah mati :D) terdengar suara decitan(gesekan besi) dibagian mesin atau karbunya saya kurang pasti suaranya berasal dari mana, suaranya hilang timbul gtu, ketika dibawa 5000rpm kebawah suara decitannya tidak terdengar lagi. mohon recomendasinya.
    sudah dibawa ke AHASS tidak bisa mereka perbaiki T_T

  65. Yurbian permalink

    SALAM SATU HATI ^^
    Saya punya cessy, ehk punya bapak saya maksudnya😀
    ketika di tarik gas sampai 5000rpm(Spidometer mati :D) lebih pada gear 5 terdengar bunyi desitan seperti gesekan besi saya kurang tau asal suaranya dari mana, tapi sepertinya di sekitar area mesin, bunyi desitannya ilang timbul. dan ketika rpm dibawah 5000 suara desitan itu tidak terdengar sama sekali. Mohon bantuannya🙂 Terima Kasih ^^

    • Maaf baru bisa moderasi, suara gesekan besi bisa banyak penyebabnya. Entah itu knocking, stang piston bermasalah dll…

      • Yurbian permalink

        Tpi semalam semua sudah di cek bg, ngak jumpa juga dimana kerusakannya,

      • Yurbian permalink

        Sudah smpai turun mesin T_T

      • Benny permalink

        Bro yurbian… Bisa terjadi di bagian Transmisinya… Atau jg ada partikel besi di dalam mesin… Atau enggak Businya trlalu panjang??
        Pernah ada ganti2 apa atau enggak??
        Atau jg bisa dr rantai ketengnya…
        Mekanik pernah coba cek hal2 tsb atau enggak?? Apakah hanya di gigi 5 saja atau lg dalam keadaan berhenti??

      • Yurbian permalink

        Biasanya terdengar di gigi 4-5 bg. Kalo gigi 3 mesti dipaksa kencang baru terdengar, intinya kalo akselerasi kencang baru terdengar decitan ilang timbulnya bg

  66. Juno permalink

    Ikut sharing gan, hehe
    Motor ane 2010, beli second,
    Pernah bawa sampe 128km/h di 2012, pake premium, jalanan panjang,
    Semua masih ori, cm waktu itu mmg abis servis di ahass jd kondisi prima
    Skrg dah 5 tahun pake mtor ini
    Dah ganti banyak onderdil,
    Kiprok, headlamp (karena kecelakaan), karbu juga sekrup anginnya sudah ganti karna dol,

  67. Kalo air radiator cs1 yg cepet abis kira” solusinya apa ya bro? Cs1 ane baru 4-6 hari ganti radiator udah habis lagi

    • Harus diperiksa satu persatu jalur airnya, kemungkinan ada kebocoran entah itu di selang, seal atau radiatornya

  68. wahyu permalink

    Salam 1hati ….
    Mohon pencerahannya gan…ane punya cassie thn2008..kendalanya tarikan gas endut2an sampe aer karbu mendidih dan ngocor dari selang pembuangan pas kondisi mesin panas, tapi kalo adem dia normal..sudah 2 bengkel ahass ane jabanin, prediksi mereka salah semua,klepnya lah kerapetan, cuknya lah…padahal tangki bensin,aer karbu dah dikuras,manipol,selang,vacum karbu, pala busi dah ganti dan apinya normal,skring yg 15/10 A dah ganti juga…kira2 dari apanya yah gan

    • Mesin overheat ya? Radiator isi air apa? Service radiator? Thermostat? Water pump?

  69. dicky permalink

    halo ane balik lg om… setahun yang lalu ane pernah komeng disini. pake motor temen. dan wktu itu ngidam bgt sama cs1 yg pada akhirnya mendorong gue yg penangguran… untuk segera memiliki pekerjaan agar bisa meminang motor ini. dalam perjalanan mendapatkan motor ini banyak kesulitan… setiap hari begadang, main wifi di resto/kafe buat nyari info jual beli cs1 ini. cari sampe dapet yg cocok… usaha memang tak berbuah sia sia… sekitar 2-3 minggu lalu. saya mendapatkan cs1 umur 2010. striping baru. km 16.9xx dan udah jalan 17.063 sekarang hihihi. impresi tak pernah berubah. 5 tahun saya mengidam idamkan motor ini. akhirnya saya dijodohkan dengan sebuah motor dengan mesin yang prima… yah meski sehari sesudahnya setelah membeli. saya baru menyadari. tuas kopling ternyata rada naik… dan setelah saya urut ke bodi bodi yg mulus ini… bagian undercowl kiri. lampu sein kiri. dan dibawah bulatan tuas kopling terdapat semacam gesekan… (fix nih motor bukan jatuh dlosoran. tapi nanggrok.. hihi) yah dan pada akhirnya komstir pun baru terasa… ketika saya mengerwm. ada bunyi “cetok-cetok” yg rada menggangu… sebenarnya bisa saya kembalikan… berhubung ada nota bertanda tangan di atas materai… tapi ya sudahlah tidak apa apa… toh mesin. very very well dude… (sampai teman teman kerja memuji masih enaknya motor saya wkwkwk, dan mekanik tukang tambal ban ganti velg + utak atik motor di kampung saya dibuat gelo… dengan harganya yang… hmmm. hihihi dia cuma berkata kok bisa yg dpt kmu. sambil merenges dan hati menangis) sejauh ini motor hanya dibawa sekitar 6-7 km an saja. bar suhu. maksimal naik ke tiga… tapi lebih sering berada di area dua atau satu… saya sendiri cuma bisa berbangga campur was-was saja ketika motor ini diparkirkan di tempat kerja yang terkadang lumayan ramai.. dan sekatang udah ada pandangan siap siap nyari cs1 yg kedua seharga 3-4 juta… masalah engine. ntaran. nunggu rusak sekalian lngsung di swap dohc cb150 injeksi. (ngga usah takut sparepart mulai langka… part mesinnya bisa di upgrade bro, ente mulai inden inden aja tuh yg namanya spedo meter digital, bodi bodi… yah yg menyangkut eksterior. plus kabel kabel kelistrikan ajah hehe) biar nantinya udah ngga mikir sparepart lg… oh iya bengkel di surabaya udah ada yang berhasil menerapkan ini… jd silahkan ggogling bro…

    kayaknya ngga bisa move on dr motor lain… kecuali…. ada duit buat beli cbr250rr. behhh hihihi. motor idaman tuh. selain cs1 ini.

    oh iya… komen berarti bukan tanpa pertanyaan masbro… drtd review mulu… maaf ya mas 303. ini pertanyaanya oot bgt. hihi

    kemaren wktu beli. ini tuh plat f.. mau ane jadiin plat aa. syaratnya apa aja ya? haruskah cabut berkas dr bogor? ini temen ane rada gila… kemaren wktu beli saya udah ditawarin fotokopian pemilik aslinya… tp temen ane bilang. “ora usah, wong mengko ki nomor rangka garek di cetak neng samsat, dan bla bla bla” yah… akhirnya nurut aja deh… cuma.. faktur dan nota pembeliannya ada… apa cuma pake modal itu aja saya bisa balik nama? mungkinkah samsat sekarang semudah ini… hihi. monggo om rec303 selaku empunya blog ini kasih komentar… atau ada bro bro lain yang mau kasih cacimakinya. kali aja tahu dan membenarkan ini memang benar…
    nb:soalnya temen ane tuh tukang dagang mobil… suka ambil mobil di jeukarda dan dijual ke kota getuk… jadi ya ane ngikut aja. tp ikut ikut yg rada ragu gituh.. wkwkw😀

    • Kalau speedometer digital cs1 error atau buram hilang angkanya tinggal konsultasi ke suhu masgiagie, untuk mutasi kendaraan ya cabut berkas dulu dari bogor. Kalau pengalaman saya dulu bawa stnk + bpkb + cek fisik dulu sekalian bawa ktp kita untuk tujuan mutasi di samsat bogor, kalau bro dicky punya waktu luang ya urus sendiri saja.

      • dicky permalink

        engga eror sih bang… emang motornya aja yg masih sehat walafiat. lha ya wong jarang dipake haha. ntar deh coba cek coolantnya masih bening apa udah butek…

        oalah… walah iya makanya. yah mungkin beda dulu beda sekarang ya om. coba nanti saya yakinkan lg. apa benar ngga perlu cabut berkas. hehe soalnya saya eyel eyelan gitu… temen bilang. sekarang ngga perlu brgitu lg soalnyah. thanks mas rec303😀

  70. harry permalink

    mas mau tanya dong kalau indikator radiatornya dr on lnsng 6bar kira2 apanya ya?setelah mesin agak panas baru kipas muter…tolong pencerahannya soal baru pake 2 mgguan?thanks..

  71. harry permalink

    Mas mau tanya dong kok indikator radiator ga mau turun dr mlai mesin on langsung di 6 bar padahal mesin masih dingin setelah agak panas kipas baru mlai berputar kira2 apanya?thank…

    • Sorry baru moderasi, masalah indikator suhu langsung 6 bar itu kemungkinan error di bagian radiator deh (kalau di mobil namanya temperature sender) coba bawa ke servis radiator mungkin kotor jadi error. Kalau mesin agak panas trus kipas berputar itu normal

  72. Alex Avandi permalink

    halloo.. tanya nih tadi kan keluar kota naik motor cs1 ane. karena cuaca terik panas dan macet juga apalagi pas jalannya naik. tadi sempet bingung pas ada orang yg ngasih tau kalo ada oli yg keluar. nah pas gua berhenti. itu olinya keluar dari selang gitu. awalnya sih takut bocor aja. tapi setelah agak lama gua diemin motornya gak ada oli netes lagi. dan gua ngiranya juga tadi karena kepasan motornya ampe 5 strip. baru kali ini ampe 5 strip biasanya max cuma 4

    apakah gpp kalo ada oli yg keluar dari selang tsb ?
    terus mesinnya kalo kepanasan gitu apa ada yg harus diperbaiki ?
    ada cara buat ngatur suhu mesinnya gak biar gak terlalu panas amat. ? jadi khawatir.

    • Selang yang mana masbro? Kemungkinan itu air radiator yang keluat karena panas mesin sudah berlebih. Sebenarnya spek standar CS1 sudah optimal dalam hal pendinginan mesin, kalau sudah gejala overheat gitu pertanda radiator sudah gak sehat. Bawa ke tukang radiator saja

  73. toro permalink

    Lam kenal gan…Ane lg dibikin pusing ama ni motor…penyakit brebet ga ilang2…karbu udah ganti…cek pengapian normal…ane make premium…ada yg pernah ngalamin ga…..tks gan

    • Sudah cek kebocoran udara? Brebet bisa jadi supply udara bocor

      • toro permalink

        Di bagian mana gan..tks

      • Saluran udara, SASS (Secondary Air Supply System)

      • toro permalink

        Di bagian mana tuh gan…bagian mesin atau yg mana…kira2 bisa diperbaiki gan…tks gan

      • Di kepala silinder, wah perihal bisa diperbaiki atau tidak saya kurang tahu tuh karena belum pernah mengalami, coba cek beberapa komen diatas kayaknya ada yang pernah kejadian hal serupa

      • toro permalink

        Iya rada aneh nh penyakit…klo setiap hbis isi bensin nongol dh mbrebetnya…tdnya curiga bensinya kotor..dh kuras tangki msh tetep

Trackbacks & Pingbacks

  1. Honda CS1, Diantara Kelebihan dan Kekurangan | Ochim Personal Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: