Skip to content

Akhirnya Indonesia Akan Mempunyai Sirkuit Lain Selain Sentul

4 September 2012
maket sirkuit

maket sirkuit

BALIKPAPAN, tribunkaltim.co.id – Pembangunan Sirkuit Balikpapan yang berada di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur sudah mencapai 25 persen. Hal ini disampaikan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Balikpapan Suryanto, Rabu (9/5/2012). “Sirkuit sudah rampung tapi belum menyeluruh baru 25-30 persen. Tapi sudah bisa difungsikan,” ujarnya. 

Dikatakan Suryanto, Pemkot melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) telah menyelesaikan satu tribun beserta lintasan balap. Pembangunan kemudian akan disusul berbagai kelengkapan lainnya yang akan dibangun di tahun-tahun berikutnya. “Yang penting sirkuitnya dulu, cuma untuk pernak perniknya nanti akan mengikuti DEDnya,” ujarnya.

Tahap penyusunan Detail Engineering Design (DED) pun kata Suryanto telah rampung sejak beberapa waktu lalu, dengan menelan anggaran sebesar Rp 800 juta. Hanya saja mengenai kebutuhan biaya secara keseluruhan Suryanto mengaku belum mengecek langsung. “Kalau kebutuhan biaya mungkin finalisasinya saya belum lihat lagi DEDnya di Dinas PU,” katanya. Namun diperkirakan kebutuhan biaya menelan anggaran hingga Rp 20 miliar.
 
Sementara, saat disinggung target realisasi pembangunan Sirkuit Balikpapan, Suryanto belum bisa memastikan. Pasalnya, saat ini Pemkot Balikpapan juga masih fokus untuk menggenjot pembangunan Stadion Balikpapan di Batakan, Balikpapan Timur. “Pembangunan sirkuit tersebut bisa saja menggunakan sistem multi years. Apalagi saat ini kita juga masih dipusingkan dengan pembangunan Stadion Balikpapan,” katanya.

Dari total lahan seluas 75 Hektare (Ha), Pemkot telah berhasil membebaskan seluruhnya. Langkah itu dilakukan secara bertahap sejak tahun 2007 silam. Rencananya, Sirkuit Balikpapan ini akan dirancang multi fungsi untuk beberapa cabang olahraga, yang berstandar nasional. “Jadi bukan hanya balapan saja, tapi nanti juga kita akan tambah pernak pernik lainnya,” terangnya.

Akhirnya Indonesia akan mempunyai sirkuit lain selain Sentul, mudah-mudahan cepat selesai. Atau apakah di daerah lain juga sudah mulai ada pembangunan sirkuit baru? Silahkan info dan diskusi

maket sirkuit

maket sirkuit

About these ads

From → Uncategorized

45 Komentar
  1. Pertamax tambah mahal

  2. kui sing pertmax sopo??sing ndwe warung???

    Sepertinya bagus sirkuitnya :D

  3. balikp2n kotax emang maju dengan pesat…. :-)

  4. onthell permalink

    kalo gak standart international buat apa ????? / cukup buat balapan ojek ajakah????

    • Walau pun tidak standar internasional yang penting ada sirkuit buat membina bibit2 lokal. Toh kalau melihat di miniatur sirkuit tersebut diatas ada gravel-nya, setidaknya lebih baik daripada pasar senggol

  5. Dide permalink

    mantab ,,, tapi jangan berharap terlalu tinggi sirkuitnya bakal berkualitas

    dijamin fitur aspal pruntulan gelombang2 pasti ada tuh :mrgreen: belum lagi bangunannya nanti :mad:
    karena yg punya proyek si PU korup plus kualitas konsultan dan kontraktor indonesia yg sesuatu banget … sangking hebatnya jembatan besar saja bisa dibuat roboh :mrgreen:

    kalo yg garap dari pihak swasta atau dipilih konsultan dan kontraktor berpengalaman dari luar baru gw percaya :cool:

    • Yup sudah rahasia umum yang namanya proyek pasti kongkalikong, bahkan Sentul yang bertaraf internasional aja aspalnya tambal semen…

  6. brigade jalan raya permalink

    Bisa jadi nanti naik.tingkat jadi.internasional.

  7. wah ini yang penting bisa terus dirawat dgn baik (kalo udh jadi) jgn sampe terbengkalai, untuk masalah standar internasional slow aja, minimal Sentul lah biar bisa pake moto gp

  8. ini sirkuit Balipat itu apa bukan?

  9. Ekoputra Arif Budiman permalink

    Mudah-mudahan bisa masukin Indonesia di Peta sirkuit Moto GP Dunia

  10. jadi pengen jajal mbalap di sana

  11. tipkow permalink

    sirkuit lippo karawaci aja terbengkalai…. bahh

  12. Paling-paling cuma buat balap bebek….ngayal-ngayal babu kalo MotoGP main disirkuit itu…kita buktikan aja nanti…salam kenal Bro’…

  13. panjang total sirkuit berapa m?

  14. mante euy..
    kanaknyangket.blogspot.com/2012/08/my-honda-cs-1-city-sport-one.html?m=1

  15. wih keren juga nih

  16. sip ajib,..semoga cepat terealisasi :D

  17. daerahnya PERTAMINA…………

  18. bertarap internasional nggx ???

    buat apa klw untuk balap ONTEL doang mah…

    :D hihihihihihi

  19. adt001 permalink

    hehe gak aneh kalo dibilang mimpi. kenyataannya gimana mau direalisasikan kalo mark upnya keterlaluan.

  20. bakalan lama siapnya dan banyak korupsinya,..

  21. pake balapan moto gp ga ni sirkuit ini…?

  22. sirkuit bertaraf internasional(motoGP),tapi pembangunanya tunggu stadion utama selesai,baru membuat sirkuit teritip,dana tidak mencukupi kalau membangun sekaligus 2 jadi satu satu dulu sekitar 2014 baru mulai pengerjaan dilanjutkan

    • Kalau tahun depan sudah selesai mudahan cepat diurus lisensinya buat menyelenggarakan MotoGP

  23. 991992 permalink

    sekarang qta perlu bukti bukan hanya janji2 saja……….!!!!

  24. Semoga bisa nyelenggarain hajatan MotoGP.. ;)

  25. di bali juga mo bangun, ma investor dai arab
    tapi kayaknya diundur, gara2 birokrasinya njlimet

  26. Apa kabarnya sirkuit ini..??

    • Kabarnya mangkrak gan, belum dilanjutkan sementara pembangunan fokus ke stadion bola

  27. wajib di diskusikan dengn fim biar nanti udah jadi regulasinya bisa untuk moto gp

  28. di kota saya, di Mando akan direncanakan sirkuit balap. boleh bagi informasi konsultan perencana yang merencanakan sirkuit balikpapan ini.

  29. Owalah kalian ini, klo ada niatan baik knapa mesti di dukung dengan fikiran negatif toh, atuh di doakan semoga tercapai, lancar dan bisa jadi sirkuit international…

Trackbacks & Pingbacks

  1. Goes to Sepang: Prologue | Anak Touring IT
  2. Membuat sirkuit bertaraf internasional perlu perkiraan yang matang | Orong-Orong

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: